Baca Berita - Ada banyak alasan mengapa orang gemar bekunjung ke bandung, dari makanan, belanja sampai pemandangan alamnya yang luar biasa. Ya, ibu kota Jawa Barat ini sepertinya tak pernah kehabisan hal menarik untuk bisa dinikmati.

Terletak di antara tiga pegunungan, seperti kebanyakan kota di dataran tinggi, Bandung terkenal akan udaranya yang sejuk. Mungkin itu penyebab Bandung kerap disebut sebagai Paris Van Java, selain karena kekayaan seni dan budayanya.

Berikut ini kami sajikan tempat wisata alam di bandung yang wajib kamu kunjungi.

5 Tempat Wisata Alam Di Bandung Wajib Dikunjungi
1. Situ Cileunca.
Dikelilingi oleh perkebunan teh, Situ Cileunca (Danau Cileunca) terletak pada 1.500 m di atas permukaan laut, sehingga udara di sini begitu sejuk dan segar.

Di sini Anda dapat naik perahu mengitari danau sambil menikmati keindahan alam sekitarnya. Anda dapapat berjalan-jalan melintasi jembatan menyeberangi danau tersebut, yang juga berfungsi sebagai penghubung antara dua desa.

Lokasi: desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung 40378.

5 Tempat Wisata Alam Di Bandung Wajib Dikunjungi
2. Curug Malela.
Meski begitu menawan, namun karena lokasinya yang cukup jauh (tiga jam perjalanan dari pusat kota) serta medannya yang terjal, orang lebih banyak mendengar cerita tentang indahnya Curug Malela ketimbang melihat langsung dengan mata kepala sendiri.

Jadi apabila Anda berhasil menuju air terjun ini… Selamat, pencapaian yang luar biasa!

Lokasi: Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

5 Tempat Wisata Alam Di Bandung Wajib Dikunjungi
3. Kawah Putih.
Danau berbentuk kawah yang tercipta akibat letusan Gunung Patuha ini dipercaya sebagai danau mistis oleh warga setempat karena dulu setiap burung yang terbang melintas di sekitarnya pasti akan langsung mati. Akibatnya semua orang enggan untuk mendekatinya. Baru pada abad ke-19 seorang ahli botani dari Jerman mengeksplorasi area ini dan menemukan danau kawah yang amat menawan.

Airnya yang sebening kristal akan berubah warna mengikuti kondisi cuaca, sedangkan di tepinya terdapat pasir yang begitu putih sehingga terlihat begitu unik. Bahkan jenis tanaman yang tumbuh di sekitar danau ini pun cukup berbeda dibandingkan dengan area lain di bawahnya.

Meski terletak di puncak kawah gunung, fasilitas penunjang seperti toilet dan tempat parkir sudah tersedia, begitu pula kedai-kedai penjual makanan.

Lokasi: Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

5 Tempat Wisata Alam Di Bandung Wajib Dikunjungi
4. Situ Patenggang.
Berjarak sekitar 10 menit dari Kawah Putih yang terkenal terdapat sebuah danau yang terlalu indah untuk dilewatkan.

Menurut legenda Jawa Barat dari abad ke-15, setelah berpisah selama bertahun-tahun akibat perbedaan keyakinan, Pangeran Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi akhirnya bertemu di sebuah pulau berbentuk hati di tengah Situ Patenggang.

Danau ini dikelilingi oleh perkebunan teh, sehingga tampak seperti hamparan permadani hijau nan luas dan indah. Luar biasa!

Lokasi: Patengan, Rancabali, Bandung 40973 (10 menit dari Kawah Putih).

5 Tempat Wisata Alam Di Bandung Wajib Dikunjungi
5. Goa Pawon.
Setelah kurang lebih 20 menit mendaki Gunung Pasigit, Anda akan tiba di mulut Goa Pawon, sebuah situs bersejarah tempat ditemukannya bermacam peninggalan kehidupan prasejarah (yang kini dipamerkan di Museum Geologi Bandung).

Jika Anda lanjutkan perjalanan beberapa langkah lagi ke arah puncak gunung, maka Anda akan menemukan Stone Garden (Taman Batu), sebuah cagar geowisata bertabur batu karang seperti yang biasa terdapat di pesisir pantai.

Lokasi: Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat.
 
Top