Gunung Batu Puncak Tertinggi Jonggol

Baca Berita - Bagi traveler di Jakarta dan sekitarnya yang suka naik gunung, tak perlu pergi jauh-jauh. Datang saja ke Gunung Batu di kawasan Jonggol, Kabupaten Bogor. Panorama dari puncaknya cantik lho!

Gunung Batu memiliki ketinggian 875 meter dari permukaan laut. Tempat wisata ini bisa ditempuh dengan rute Jakarta-Cileungsi-Jonggol-Mengker-Gunung Batu. Jarak tempuhnya kurang lebih 55 kilometer dari Jakarta.
Jalan raya ini juga kerap menjadi alternatif menuju Puncak, Bogor. Sebelum berangkat, jangan lupa memastikan kendaraan dan fisik Anda dalam kondisi prima. Di beberapa bagian jalan, Anda akan menemui tanjakan yang cukup curam.

Trek yang terjal, menanjak, dan minim pepohonan membuat perjalanan terasa melelahkan. Oleh sebab itu, jangan lupa membawa bekal air mineral yang cukup karena tidak ada sumber air di Gunung Batu.

Pendakian Gunung Batu tidak dikenakan biaya masuk. Anda cukup membayar parkir kendaraan. Pengguna motor akan dikenai biaya sebesar 3.000 rupiah untuk parkir. Sedangkan biaya parkir mobil mencapai Rp 10.000.

Rute Perjalanan:

1. Bagi Anda yang datang dari arah Jakarta, Depok, Tangerang, atau Bekasi, silakan ambil jalan menuju Jl. Transyogi Cibubur lalu dilanjutkan ke arah Cileungsi dan Jonggol melewati jalan raya depan tempat wisata taman buah Mekarsari.
2. Setelah memasuki kawasan Jonggol, Anda akan menemui banyak petunjuk jalan. Jangan khawatir, pilihlah jalan ke arah Cianjur. Silakan bertanya dimana letak Kampung Mengker, yang dilewati jalan utama Jonggol-Cianjur.
3. Setelah memasuki Kampung Mengker, Anda akan menemui Indomart Sirna Galih di sisi kiri jalan raya. Indomart ini menjadi patokan Anda untuk berbelok ke kanan memasuki gang kecil menuju jalan utama ke Gunung Batu.
4. Setelah berbelok kanan, ikuti jalan lurus tersebut. Anda bisa mengikuti petunjuk menuju boarding school Nizamia Andaluia. Jalan itu mengarah langsung ke kaki Gunug Batu. Jarak dari gang masuk menuju Gunung Batu kira-kira 20 kilometer.